Senin, 07 Desember 2009

PENINGKATAN KINESTETIK ILMIAH, SIKAP ILMIAH, DAN PENGUASAAN MATERI

Ilmu Fisika merupakan bagian dari mata pelajaran sains yang menuntut siswa untuk berinteraksi langsung dengan sumber belajar, sehingga perlu adanya penggabungan antara pengalaman melalui serangkaian kegiatan ilmiah dan pemahaman terhadap konsep. Pada pembelajaran berbasis kerja ilmiah menuntut siswa untuk melaksanakan kegiatan di laboratorium yang bertujuan untuk membuktikan konsep-konsep fisika secara nyata sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan mempelajari fisika. Adapun lima langkah kerja ilmiah itu terdiri dari perumusan masalah, merumuskan hipotesis, pengambilan data, analisis data dan penarikan kesimpulan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kinestetik ilmiah, sikap ilmiah dan penguasaan materi siswa selama pembelajaran berbasis kerja ilmiah pada materi pokok Suhu dan Pemuaian.

Hasil penelitian ini menunjukan kinestetik ilmiah siswa pada siklus I yaitu percobaan I sebesar 66,67 dan mengalami peningkatan sebesar 4,76 % pada percobaan II menjadi 71,43 dan mengalami penurunan pada percobaan III sebesar 1,43 % menjadi 70 dan mengalami penurunan kembali pada percobaan IV sebesar 6,46 % menjadi 63,54. Pada siklus II percobaan V mengalami kenaikan sebesar 4,11 % sehingga menjadi 67,65 dan pada siklus III percobaan VI mengalami kenaikan sebesar 7,47 % menjadi 75,12. Sedangkan hasil rata-rata sikap ilmiah pada siklus I sebesar 80,41, siklus II meningkat sebesar 0,83 % menjadi 81,24, dan pada siklus III mengalami peningakatan 3,05 % menjadi 84,29. Dan rata-rata penguasaan materi siswa pada siklus I sebesar 80,54, pada siklus II menurun sebesar 9,26 % sehingga menjadi 71,28 dan pada siklus III meningkat sebesar 5,62 % menjadi 76,90

Tidak ada komentar:

Posting Komentar